Saturday, November 3, 2012

analogi starter motor

Kalo ga salah baru kemaren malem, I got a HUGE moment again. Buat yang aware sama postingan gue sebelumnya pasti tau kan tentang prinsip gue sama momen? bukan prinsip juga sih, ya itulah namanya. Nah, semalem seperti biasa gue jadi kuncen SL (student lounge) di kampus, kalo ga salah udah jam 12an gitu.

Awalnya sih sepi, tapi ga lama ada senior gue, anak 2009 gitu, namanya kak Eko. Doi itu wirausahawan sukses sih gue bilang. Doi sama 2 orang temennya, kak Fajar sama kak Riki itu punya usaha namanya "saung ayam". Ini usaha udah luar biasa, omsetnya gede, pelanggan dmana-mana. Emmm, back to line, jadi gue punya niat pengen berbisnis gitu, dan akirnya gue iseng (kunci kedua setelah lo percaya sama momen yang gede)  ngajakin kak Eko nya ngobrol gitu.

And, yap, i;ve got the HUGE moment, again. Dan seketika terlintas di kepala gue, kalo gue harus ngepost tentang ini buat kalian!!! gue coba share apa yang gue tangkep dari beliau, niiiih ..

- bisnis yang berhasil itu bisnis yang jalan, bukan yang rencana mateng, tapi ga gerak-gerak.
- bisnis itu kaya bawa motor tua. Nyalain nya susah, tapi kalo udah nyala, terserah lo mau bawa dibawa jalan kemana, kiri kanan setop, oke. Jadi... ya now or never lah.
- jangan pernah mikirin laba ato profit yang bakal lo dapet.
- perhatiin target pasar lo, lo harus punya khas.
- improvisasi wajib, tapi jangan keseringan, harmoninya dijaga.
- jangan terlalu pusing mikirin modal, lingkungan lo modal lo.
- pake prinsip orang minang "you must get a thing, when you give something, or you never have anything" ( FYI : ini bahasa sehari-hari urang awak di minang)
- doa dan tawakal men!!! itu wajib.
- jangan takut jatuh, sebanyak apa lo jatuh, sebanyak itu pula power lo untuk berdiri kokoh.
- terakhir, STAY CALM, and ACT COOL

FYI.. gue sama beberapa sab sob gue udah lama punya rencana buat mulai berbisnis gitu, konveksi jeans gitu. Jadi gue, Oghi, Dewangga, sama Seno namanya. Coming soon guys, semoga bisa ga sekedar langganan di blog gue, di bisnis gue juga yah tar. ^_^

No comments:

Post a Comment